You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sutapranan
Desa Sutapranan

Kec. Dukuhturi, Kab. Tegal, Provinsi Jawa Tengah

Selamat Datang di Website Resmi Desa Sutapranan Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal

SEJARAH DESA SUTAPRANAN

Administrator 25 Oktober 2023 Dibaca 26 Kali
SEJARAH DESA SUTAPRANAN

Asal usul Desa Sutapranan menurut penuturan dari para sesepuh desa bermula dari nama seorang Datuk yang berasal dari Jogjakarta bernama Suta, hal ini ditandai dengan adanya situs makam yang terletak di Desa Sutapranan RT. 07 RW. 02 bernama makam mbah Suta. Karena peranan mbah Suta sangat besar, maka orang-orang terdahulu menyebut wilayah ini dengan sebutan Suta Peranan. Sampai sekarang dinamakan Desa Sutapranan. (wawancara dengan mbah Ratno dan mbah Datowi, 2010) 

Desa Sutapranan terletak di wilayah Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal, yang berbatasan sebelah Barat Desa Bandasari, Utara desa Kademangaran, Timur desa Kaligayam dan Selatan desa Kaligayam kecamatan Talang. Adapun pemerintahan desa Sutapranan dimulai dari mbah Singodiharjo, dan untuk mengenang beliau sekarang diabadikan untuk nama sebuah jalan yang terletak di RT. 08 RW. 02 yaitu jalan perbatasan Desa Sutapranan dengan Kademangaran dengan nama jalan Singodiharjo. 

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image