You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sutapranan
Desa Sutapranan

Kec. Dukuhturi, Kab. Tegal, Provinsi Jawa Tengah

Selamat Datang di Website Resmi Desa Sutapranan Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal

PROFIL DESA SUTAPRANAN

Administrator 24 Oktober 2023 Dibaca 13 Kali
PROFIL DESA SUTAPRANAN

Desa Sutapranan merupakan salah satu desa dalam wilayah Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Terletak kurang lebih antara 3° 25' 40,80" LS - 3° 23' 27,24" LS dan 102° 8' 21,4" BT - 102° 10' 7,32" BT. Secara administratif, wilayah Desa Sutapranan memiliki batas sebagai berikut :

Sebelah Utara             : Desa Kademangaran

Sebelah Timur            : Desa Kaligayam Kecamatan Talang

Sebelah Selatan         : Desa Kaligayam Kecamatan Talang

Sebelah Barat             : Desa Bandasari

Luas wilayah Desa Sutapranan adalah 62,850 Ha yang terdiri dari 50,850 Ha berupa pemukiman, 10,00 Ha berupa daratan yang digunakan untuk lahan pertanian/sawah, serta 2,0 berupa tanah tegalan. Sebagaimana wilayah tropis, Desa Sutapranan mengalami musim kemarau dan musim penghujan dalam tiap tahunnya. Rata-rata perbandingan musim penghujan lebih besar daripada musim kemarau, hal itu disebabkan karena wilayah yang masih hijau dengan vegetasi serta relatif dekat dengan wilayah.

Jarak pusat desa dengan ibu kota kabupaten yang dapat ditempuh melalui perjalanan darat kurang lebih 12 km. Kondisi prasarana jalan poros desa dengan kontruksi jalan yang baik namun kepadatan pengguna jalan yang agak padat mengakibatkan waktu tempuh menggunakan kendaraan bermotor mencapai kurang lebih 30 menit. Sedangkan jarak pusat desa dengan ibu kota kecamatan dapat ditempuh melalui perjalanan darat kurang lebih 3 km dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan bermotor mencapai kurang lebih 15 menit.

Desa Sutapranan merupakan wilayah paling potensial untuk usaha home industry Bata merah dan Pertanian. Hal tersebut didukung oleh kondisi geografis, dan daerah industri serta keadaan yang berbatasan dengan wilayah kota Tegal. Dukungan pemerintah daerah untuk pengembangan potensi desa yang ada diwujudkan dengan menetapkan wilayah Desa Sutapranan sebagai bagian Kawasan Daerah industry Bata Merah.

desa sutapranan sudah memiliki beberapa platform media sosial diantaranya instagram : @pemdes_sutapranan , email : desasutapranan@gmail.com dan facebook : https://www.facebook.com/hallo.sutapranan

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image